Laman

Jumat, 13 Juli 2012

KERIPIK WORTEL


5
41
0
6
Jakarta - Sayuran wortel, selain dikenal memiliki kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan, juga bisa dikreasikan menjadi aneka makanan dan masakan yang lezat dan nikmat.

Aneka pengolahan dari wortel ini dikenal mulai dari sebagai masakan sayur seperti tumis, sup, dan lainnya. Juga bisa dijadikan sebagai sayuran pada salad atau pendamping pada hidangan steak, dan masih banyak lagi.

Begitu juga dengan pengolahan wortel yang satu ini. Untuk memberikan sensasi menyantap lezatnya wortel, kreasi wortel dengan dijadikan keripik, semakin menambah sensasi menikmati renyahnya keripik yang menyehatkan diwaktu santai.

Keripik memang dikenal merupakan makanan camilan yang umumnya terbuat dari singkong, pisang, dan lainnya. Begitu juga dengan jenis keripik wortel yang satu ini.

Penasaran dengan kelezatan dan kerenyahan yang dihadirkan dari keripik wortel ini? Berikut resep membuat keripik wortel yang bisa Anda jadikan panduan untuk membuatnya, seperti dikutip dari Chow, Selasa (24/5/2011). Dan sebagai pelengkap, Anda bisa menikmatinya dengan saus atau dressingnya.

Keripik Wortel

Bahan:

- 2 buah wortel ukuran besar (setidaknya dengan diameter 1 centimeter), dikupas
- 1 1/2 sendok teh minyak zaitun
- 1/4 hingga 1/8 sendok teh garam
- Lada hitam, secukupnya

Ranch Dressing atau Saus:
- 1 cangkir buttelmilk
- 1/4 cangkir mayonaise
- 3 sendok makan krim asam
- 3 sendok makan peterseli, cincang halus
- 2 sendok makan daun bawang, cincang halus
- 4 sendok teh cuka anggur putih atau jus lemon
- 1 siung bawang putih sedang, cincang halus
- 1/2 sendok teh garam, atau sesuai selera
- 1/8 sendok teh lada hitam, ditambahkan jika diperlukan

Cara membuat:
- Panaskan oven sampai 350 derajat Fahrenheit dan atur rak menjadi tiga bagian.
- Sambil memegang ujung batang, mencukur memanjang wortel menjadi strip tipis menggunakan pengupas sayur berbentuk Y. Tempatkan strip wortel dalam mangkuk sedang, tambahkan minyak, garam, dan lada secukupnya, lalu aduk dengan tangan sampai tercampur rata.
- Tempatkan strip atau lembaran wortel tersebut dalam lapisan tunggal pada pan pemanggangan secara terpisah atau tidah saling tumpang tindih.
- Panggang selama 6 menit, kemudian putar panci antara rak-rak tersebut. Panggang sampai tepi keripik berwarna coklat keemasan, sekitar 6 hingga 8 menit lagi.
- Letakkan lembaran lembaran wortel pada rak kawat dan biarkan dingin dan garing sekitar 3 menit.
- Pindahkan keripik pada piring saji dan sajikan dengan saus jika diinginkan. Atau simpan dalam wadah kedap udah hingga 5 hari.
- Saus: Tempatkan semua bahan dalam cangkir atau wadah lainnya dan tutup rapat. Kemudian kocok sampai merata. Tambahkan lada dan garam jika diinginkan lagi. Dinginkan sampai dingin dan rasa telah menyatu sekitar 1 jam. Dressing akan bertahan hingga 3 hari di dalam kulkas. (fty/fty)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar